Yang Harus Diketahui Pebisnis Tentang Blogspot Dan WordPress

Blog

Bagi Anda para pebisnis mengetahui kekurangan dan kelebihan situs penyedia jasa pembuatan website sangatlah penting. Karena dua perusahaan ini sangatlah populer di kalangan pelaku usaha bisnis online ataupun penyedia hosting. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing penyedia jasa pembuatan website tersebut, maka Anda sebagai pebisnis dapat menentukan mana yang lebih baik untuk Anda gunakan sebagai bisnis online Anda. Beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum membuat bisnis online dengan blogspot atau wordpress antara lain.

Biaya Pembuatan

Untuk membuat website bisnis online, biasanya yang pertama kali diperhatikan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat website. Biaya pembuatan website menggunakan blogspot atau bloger maupun wordpress adalah gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan perbandingan biaya pembuatan website ini.

Hanya saja dalam tahap perkembangannya, baik bloger maupun wordpress mengharuskan Anda membayar dengan nominal tertentu untuk mendapatkan domain pribadi. Akan tetapi jika Anda tetap bertahan dengan domain .blogspot.com atau .wordpress.com maka Anda tidak diharuskan untuk membayar biaya alias gratis.

Akses

Akses di sini adalah kemudahan website terhubung dengan fitur-fitur lainnya. Untuk urusan akses bloger yang sudah diakuisisi oleh perusahaan raksasa Google memiliki akses yang lebih mudah. Seperti kita ketahui bahwa Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. Ketika menggunakan bloger maka website Anda akan dengan mudah untuk terhubung Google keyword, Google analitic dan produk Google lainnya. Hal ini mungkin bisa menguntungkan website bisnis Anda karena sebagian besar pelanggan menggunakan mesin pencari Google. Sedangkan wordpress mungkin untuk mendapatkan fitur yang serupa perlu menempuh beberapa cara dan usaha yang lebih.

Kontrol Terhadap Website

Kontrol terhadap website berarti seberapa besar Anda sebagai pengelola website mampu mengkustomisasi website Anda sendiri. Baik blogspot maupun wordpress pastinya memberikan tampilan ataupun fitur bawaan. Akan tetapi pada beberapa hal Anda sebagai pengelola website ingin menambahkan fitur pada website Anda yang mungkin menunjang bagi bisnis Anda.

Bloger atau blogspot yang merupakan perusahaan kepunyaan Google memiliki akses kontrol yang lebih sempit. Karena Anda sebagai pengelola website pada beberapa hal akan dibatasi oleh ketentuan yang sudah dibuat oleh Google. Sehingga ada batas bagi Anda untuk mengkustomisasi blog, meskipun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini, akan tetapi kontrol yang diberikan tetap tidak bisa seluas wordpress.

Sedangkan pada wordpress kontrol yang diberikan bagi Anda untuk mengelola website sangatlah luas, karena sistem wordpress yang open source. Sehingga dengan sistem ini Anda bisa mengkustomisasi tampilan maupun fitur pada website sebebas mungkin. Bahkan kalaupun konten atau fitur yang Anda tampilkan di website bertentangan dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, Google tidak bisa menghapus website Anda, paling yang bisa dilakukan Google hanya menghilangkan website Anda dari mesin pencari.

Dengan sistem open source ini juga memberikan kepastian bahwa website Anda akan tetap terus berkembang, meskipun tim pengembangan yang bekerja pada wordpress berhenti. Tentu saja untuk mengkustomisasi dan mengembangkan website Anda, sebagai pengelola website harus memiliki kemampuan lebih di bidang IT, atau jika Anda pelaku bisnis bisa menyewa jasa teknisi IT untuk mendesain dan mengembangkan website bisnis Anda.

Baik keduanya wordpress maupun bloger memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal Anda sebagai pemilik bisnis mampu memilih mana yang paling sesuai untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.